Pengertian Hostname


Assallamualaikum wr. wb, Kali ini ane akan share sedikit tentang apa itu hostname. Bagi sahabat ane yang sudah lama bergelut di bidang IT, khususnya Jaringan, pasti sering sekali mendengar atau, bahkan mengerti apa itu Hostname. Perintah hostname digunakan untuk mendapat nama komputer yang telah didaftarkan dalam network. Sahabat ane hanya perlu mengetik hostname pada Command Prompt dan nama komputer Sahabat ane akan terlihat seperti ini :



Selain cara di atas, sahabat ane juga bisa mengetahui nama komputer serta informasi lain yang lebih detail. Sahabat ane bisa menggunakan perintah:whoami /all Perintah whoami ini tersedia pada Windows 2000, tidak bisa dijalankan pada.Windows XP Profesional SP2. Namun, pada Windows Vista dan Windows 7, perintah tersebut dapat digunakan langsung.


dari data tersebut, ane memperoleh informasi selain nama host, juga terdapat SID ( Security Identifier), group name, dan informasi lainnya.
SID berfungsi sebagai pengenal dari user account. Sebagai ilustrasi, itu adalah nama asli dari sebuah account. Misalnya, seseorang memiliki KTP dengan nama Esan. Namun, dia bisa saja mengenalkan dirinya pada orang lain sebagai Budi atau AN. Nama aslinya tetaplah Joko. Pada Windows, seseorang bisa saja mengganti nama account, baik account administrator maupun bukan. Namun, SID adalah nama aslinya.

Sumber : Nisan Blog

1 komentar:

  1. Artikel nya sangat menarik gan (y) Tulisannya juga enak dibaca.

    Bila butuh domain & hosting murah kunjungi jualdomainhostingmurah.com

    ReplyDelete